Posisi Tidur Ibu Hamil 7 Bulan Yang Baik

2 min read

Posisi tidur ibu hamil 7 bulan

Posisi tidur ibu hamil 7 bulan yang benar akan sangat mempengaruhi kualitas tidur bunda. Jika kualitas tidur bunda bisa terjaaga maka akan membawa dampak positif secara langsung tidak hanya bagi bunda namun juga bagi bayi. Keluhan umum yang kerap dirasakan oleh bunda selama kehamilan di usia yang  ke 7 bulan antara lain sesak  napas akibat kondisi kandungan  yang semakin bertambah besar.

Posisi tidur ibu hamil 7 bulan

Meski demikian, kondisi ini akan membaik setelah janin bertambah usia dan mulai mempersiapkan posisinya mendekati bagian bawah panggul. Untuk menjaga kondisi tetap prima, ibu hamil perlu untuk  mencukupi  kebutuhan nutrisi. Di usia kehamilan ini, bunda perlu untuk  mengkonsumsi berbagia jenis makanan yang  kaya akan vitamin, protein, asam folat, kalsium dan juga zat besi.

Berat janin yang semakin bertambah biasanya akan menekan rahim dan membuat bunda semakin sulit untuk bernapas dengan lega. Tidak hanya itu, kondisi lainnya yang juga seringkali mengganggu istirahat bunda adalah kram di malam hari, cepat lelah dan juga insomnia. Semua  hal ini  tentunya sangat mempengaruhi kualitas tidur bunda padahal bunda sangat  membutuhkan istirahat yang cukup saat hamil.

Biasanya, gangguan tidur  bisa diatasi dengan cara berbaring ke samping kiri dan menggunakan bantuan bantal penyangga yang diletakkan di antara dua kaki dan juga sebagia penyangga perut. Meski demikian, bunda masih saja kesulitan untuk tidur akibat berbagai keluhan seperti nyeri punggung dan juga rasa terbakar di bagian dada.

baca juga : Perkembangan Janin 8 Bulan

Posisi tidur miring ke kiri vs posisi terlentang

Posisi miring ke kiri umumnya disarankan karena bisa membnatu untuk menurunkan resiko pembengkakan karena penumpukan cairan. Tidak hanya itu, posisi tidur ini bisa melancarkan aliran darah dan nutrisi bagi janin. Sementara itu, posisi tidur terlentang adalah  jenis posisi tidur yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan posisi tidur yang satu ini akan membuat rahim menekan pembuluh darah besar yang berada tepat di belakang organ tersebut.

Tidur dengan posisi terlentang akan menekan bagian pembuluh darah  utama sehingga akan  membawa kembali darah ke jantung ibu. Meski akhirnya darah segar akan mengalir dari jantung ibu ke dalam rahim namun akan terhambat dan kemudian berkurang. Tidak hanya itu, bunda juga akan memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mendapatkan bayi lahir mati jika terbiasa tidur terlentang. Setidaknya batasi  durasi tidur terlentang  bunda hanya  selama  10 menit dalam trimester kehamilan yang ketiga.

Posisi tidur terlentang juga akan menambah tekanan pada bagian tulang belakang serta otot punggung. Akibatnya, tubuh bunda akan mengalami pegal dan suplai darah yang terganggu. Selain itu, dampak dari tidur terlentang yang kerap dialami ibu hamil adalah rasa mual yang  terasaa begitu pagi hari tiba. Posisi lainnya yang berbahaya untuk dilakukan adalah tertelungkup. Posisi ini sangat dilarang karena bisa mengganggu kelancaran aliran darah ke janin.

hamil 7 bulan

Posisi tidur ibu hamil 7 bulan, kenali tips  terbaiknya:

Pada dasarnya ibu hamil memerlukan waktu tidur sekitar 7 sampai dengan 9 jam agar mendapatkan waktu istirahat yang cukup.  Sayangnya, kondisi janin yang semakin besar seringkali mengakibatkan ibu hamil terganggu saat ingin tidur. Berbagai keluhan umum yang dirasakan antara lain kram kaki, tidak nyaman saat tidur, panas di bagain dada, hidung tersumbat dan lainnya. Cermati berbagai tips ini untuk mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari:

  • Gunakan bantal hamil atau bantal besar dan kecil untuk membantu mendapatkan posisi tidur yang nyaman. Jadikan bantal ini menjadi penyangga.
  • Tidur dengan posisi miring ke kiri. Ambil bantal dan letakkan di antara kaki ataupun belakang punggung.
  • Kenakan baju tidur yang longgar daripada pakaian yang ketat. Bahan yang menyerap keringat dengan baik seperti katun akan menjadi pilihan yang pas untuk tetap merasa nyaman
  • Berbaring atau tidur tidak harus di tempat tidur. Bunda bisa mencoba untuk tidur di kursi ataupun sofa asalkan  merasa nyaman.
  • Makanan yang ringan saat makan malam akan bisa memudahkan istirahat di malam hari. Sebaiknya bunda menghindari makanan pedas karena bisa mengakibatkan timbulnya sakit maag.
  • Relakskan diri setidaknya 15 menit sebelum tidur. Cobalah untuk berpikiran positif atau membayangkan hal-hal yang baik agar lebih mudah merasa nyaman dan tertidur.
  • Lakukan olahraga ringan untuk ibu hamil agar bisa merilekskan tubuh dan membantu mempercepat tidur
  • Jika bunda merasakan rasa panas di bagian dada maka sebaiknya mengganti posisi dengan setengah duduk ataupun meninggikan bantal agar bisa bersandar.
  • Tidur siang sebaiknya dilakukan selama 1 atau 2 jam agar istirahat bunda tetap terjaga.
  • Buatlah pola tidur yang tetap agar siklus tidur  tidak kacau. Bunda dengan pola tidur yang teratur akan lebih bisa menjaga ritme istirahatnya sehingga kualitas tidurnya tidak terganggu.
  • Lakukan metode relaksasi seperti yoga agar tubuh bisa menjadi lebih rileks sekaligus bugar.
  • Mandi air hangat juga bisa sangat membantu karena bisa membuat tubuh menjadi lebih tenang sehingga akan lebih mudah untuk  tertidur dengan nyenyak.
  • Hal lain yang bunda bisa coba untuk lakukan untuk bisa beristirahat dengan nyaman di malam hari adalah dengan memijat tubuh. Kegiatan ini bisa dilakukan agar tubuh bunda menjadi santai dan bisa tidur dengan lebih cepat.

Semua hal diatas bisa sangat membantu bunda untuk meningkatkan kualitas istirahat di malam hari selain selalu memperhatikan posisi tidur ibu hamil 7 bulan.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *