Nama Bayi Perempuan Jawa Yang Elegan

2 min read

Nama Bayi Perempuan Jawa

Nama Bayi Perempuan Jawa – Siapa bilang nama bayi perempuan jawa tidak keren ? Bagi mom yang berasal dari Jawa atau memiliki ketertarikan akan budaya Jawa juga bisa memilihkan nama yang apik bagi putri kecil. Setiap penamaan dalam budaya Jawa biasanya selalu sarat akan makna yang mendalam. Di dalamnya tidak hanya ada keindahan arti namun juga pengharapan akan kehidupan baik yang dimiliki oleh si kecil nantinya. Berikut ini adalah daftar nama bayi perepuan adat Jawa yang bisa dijadikan pilihan.

Nama Bayi Perempuan Jawa

Nama bayi perempuan Jawa yang terinspirasi dari gelar bangsawan atau putri keraton

Ajeng  Nama ini sendiri merupakan sapaan yang kerap dipakai dalam budaya ningrat keraton jawa. Ajeng sendiri memiliki arti pemimpin atau cantik. Bangsawan jawa yang berjenis kelamin perempuan akan memiliki gelas kebangsawanan ini. Ajeng sendiri biasanya diberikan pada keturunan generasi kedua sampai dengan ketujuh dari para pemimpin ataupun raja yang pernah memerintah.
Ayu  Di jawa, julukan untuk menunjukkan gelar kebangsawanan seorang wanita antara lain adalah Ayu. Ayu biasanya diberikan pada seorang putri keturunan raja atau bangsawan yang menikah dengan seorang laki-laki yang merupakan generasi kedua sampai dengan ketujuh dari para raja. Ayu sendiri memiliki artian cantik.
Angger  Angger biasanya diberikan pada anak perempuan kelima dari putri tertua permaisuri. Angger sendiri memiliki artian pemimpin wanita.
Sekar  Sekar juga adalah nama yang biasanya diberikan pada bangsawan jawa. Meski demikian, nama ini juga biasa digunakan oleh masyarakat biasa. Nama yang memiliki artian bunga ini sendiri biasanya diperuntukkan bagi putri pertama yang masih belum menikah dari generasi ertama sampai dnegan ketujuh.
Pembayun  Saat putri pertama sudah menikah maka gelar sekarnya akan diubah menjadi Pembayun. Nama ini sendiri adalah sebuah wujud dari penghormatan kepada orang-orang yang masih termasuk dalam keturunan bangsawan. Arti dari pambayun sendiri adalah tidak berlebih-lebihan. Penyematan nama ini nantinya diharapkan agar putri kecil ini bisa menjadi wanita yang sederhana kelak di kemudian hari.
Nama bayi perempuan Jawa yang terinspirasi dari tokoh- tokoh pewayangan
Anjani  Nama yang indah ini memiliki arti ketekunan. Penamaan ini bisa kita temukan dalam dunia pewayangan yaitu Dewi Anjani yang merupakan anak pertama dari Resi Gotama dan Dewi Indradi yang merupakan seorang bidadari. Sang dewi Anjani tidak hanya terkenal akan ketekunannya tapi juga akan parasnya yang cantik rupawan.
Rukmini  Nama Rukmini terdapat dalam tokoh pewayangan bernama Dewi Rukmini yang merupakan putri pertama dari Arya Prabu Rukma yang menjadi raja Negara Kumbina dan Dewi Rumbini. Sang ibu merupakan tokoh yang memiliki watak setia, sabar, sopan dan penuh dnegan belas kasih. Rukmini memiliki arti pendengar yang baik.
Utari  Secara bahasa, Utari memiliki artian sabar. Penamaan ini adalah putri dari Prabu Durgandana yang merupakan raja negara wirata dengan permaisurinya yang bernama dewi ni yutisnawati yang halus dan sangat berbakti kepada suaminya.
Larasati  Larasati diambild ari nama Dewi Larasati yang merupakan salah satu putri dari Arya Prabu Rukma dan Ken Sagupi. Sebagai istri dari dewa arjuna, dewi Larasati bersifat setia, patuhd an sangat berbakti kepada suaminya. Tidak hanya itu, sang dewi juga sangat tangguh dalam menggunakan senjata keris dan panah.
Baca juga   Nama Bayi Laki Laki Keren
Nama bayi perempuan Jawa yang terinspirasi dari nama ratu dalam sejarah kerajaan jawa
Anarawati  Ratu Anarawati adalah ratu dengan agama islam pertama di kerajaan majapahit. Ratu ini dikenal sangat cantik juga memiliki pendirian yang kuat.
Gayatri  Ratu Gayatri adalah ratu Majapahit yang terkenal akan sifatnya yang rendah hati. Sebagai istri dari raja pertama Majapahit yang bernama Raden Wijaya maka sang ratu dikenal akan kesetiannya. Pada bahasa jawa, nama Gayatri memiliki artian tiga kekuatan. Sedangkan artiannya dalam bahasa sansekerta adalah dewi.
Isyana  Ratu Isyana memerintah di kerajaan Medang, Jawa Timur. Dalam masa pemerintahannya, sang ratu membawa kerajaan berkembang pesat dan mencapai kejayaan.
Shima  Ratu Shima adalah penguasa kerajaan Kalingga yang berlokasi di pantai utara Jawa Tengah sekitar tahun 674 M. Sang ratu berkuasa sepeninggal sang suami raja Kartikeyasinga. Kerajaan berhasil mencapai masa kejayaan di bawah kepemimpinannya. Tidak hanya itu, budaya serta agama Budha berkembang sangat pesat dibawah kepemimpinannya. Karakter sang ratu yang tegas juga keras sangat disegani dan dicintai oleh rakyatnya.
Suhita  Ratu Suhita memerintah di kerajaan Majapahit tahun 1427 – 1447. Ratu ini dikenal berjiwa gigih sehingga mampu membawa kerajaanya berkembang dengan pesat. Tidak hanya itu, sang ratu juga sangat dikenal akan kecantikan parasnya.
Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *