Janin 7 Bulan Sebesar Apa ? Kenali Pertumbuhannya

3 min read

Janin 7 Bulan Sebesar Apa

Janin 7 bulan sebesar apa ?, pertanyaan inilah yang seringkali muncul di benak bunda yang sedang mengalami  kehamilan di awal trimester ketiga. Bunda, organ si kecil di trimester ketiga ini  mulai tumbuh dengan sempurna. Tidak hanya itu, indranya juga sudah mengalami perkembangan yang pesat sehingga lebih banyak merespon gerakan akibat adanya suara, cahaya taupun rasa sakit yang dirasakan oleh bundanya.untuk itulah, sangat disarankan untuk lebih banyak berkomunikasi dengan janin.

Janin 7 Bulan Sebesar Apa

Lemak mulai disimpan di tubuh janin pada akhir bulan yang ketujuh sehingga janin akan mencapai ukuran 900 gram atau sekitar 1,8 kg. Pertumbuhan inilah yang menyebabkan meski dilahirkan secara prematur namun peluang bayi untuk bertahan hidup cukup besar jika sudah mencapai usia kandungan 7 bulan.  Di bulan ini juga jumlah dari cairan ketuban akan mulai mengalami pengurangan. Pergerakan si kecil juga akan lebih terasa seperti gerakan seperti tendangan-tendangan di perut bunda.

 

Janin 7 bulan sebesar apa ?, kenali perkembangannya setiap minggu:

  • Minggu ke 29

Di usia 29  minggu, panjang bayi sudah mencapai 38,6 cm dengan berat 1135 gram. Gerakan dan tendangannya mulai aktif terasa. Sebagian bayi bahkan akan bergerak sampai dengan 10 kali hanya dalam rentang waktu 2 jam bahkan kurang.

  • Minggu ke 30

Di  usia ini, bayi akan berukuran sebesar timun jepang dengan panjang sekitar 40 cm dan berat 1.315 gram.  Tidak  hanya itu, bayi juga sudah mampu untuk menggenggam satu jarinya. Dengan ukuran  janin  yang membesar, bunda biasanya akan  semakin susah untuk bisa tidur  dengan nyaman.

  • Minggu ke 31

Janin di usia ini sudah berukuran sebesar 1 ikat sayur asparagus dengan panjang  41 cm dan berat 1.496 gram.  Di saat  ini, bayi  juga akan lebih sensitif dengan cahaya.

  • Minggu ke 32

Ukuran janin di minggu  ini sudah menyerupai labu  kecil dengan panjang 42  cm dan berat 1723 gram. Biasanya, kepala bayi juga sudah akan mulai berada di bawah perut atau mendekati panggul untuk mempersiapkan kelahiran.

 

Perubahan dalam tubuh ibu saat usia janin 7 bulan:

  • Bunda biasanya akan  mulai mengalami kesulitan untuk tidur dengan nyaman karena kondisi janin dan perut yang semakin membesar
  • Berbagai masalah pencernaan akan dialami seperti susah buang air besar dan sakit perut.
  • Kondisi perut yang makin besar akan membuat bunda rentan  terkena sakit punggung.
  • Ukuran janin yang membesar akan memenuhi rongga  perut sehingga bunda akan  sering merasa sesak napas.

 

Perkembangan organ bayi di usia 7 bulan:

  • Indera pendengaran bayi mulai berkembang dengan sempurna. Berdasarkan  fakta ini, bunda sebaiknya  lebih sering mengajak bayi berkomunikasi ataupun mendengarkan musik yang menenangkan.
  • Struktur tulang bayi semakin menguat mulai dari bagian tulang rawan ke bagian tulang yang keras. Untuk itu, bunda disarankan untuk memperbanyak asupan kalsium sebagai penunjang pertumbuhan tulang bayi.
  • Paru-paru bayi mulai berkembang sehingga harapan hidupnya semakin besar meski lahir dengan prematur.
  • Sistem syaraf pusat bayi juga sudah sempurna sehingga janin telah mampu melakukan gerak napas yang berirama sekaligus  mengatur suhu tubuhnya.
  • Bayi sudah mulai bisa bermimpi saat tidur. Pola tidurnya serta bangunnya juga sudah lebih jelas.
  • Bayi sudah mampu untuk membuka dan menutup matanya sebagai bentuk respon atas kondisi yang terjadi di dalam rahim bunda.

 

Janin 7 bulan sebesar apa ?, nutris wajib yang sebaiknya dikonsumsi bunda:

  • Vitamin C

Vitamin C sangat baik untuk mendukung perkembangan sel bayi dan  meningkatkan sistem imun bunda. Selain itu, mengkonsumsi vitamin C dalam kadar yang cukup sangat membantu bunda melakukan penyerapan zat besi dari asupan makanan nabati. Kekurangan vitamin C akan meningkatkan resiko bunda terkena tekanan darah tinggi, preeclampsia dan retensi cairan serta protein di dalam urin.

  • Kalsium

Kalsium sangat penting baik bagi ibu dan juga bayi. Bagi ibu, asupan kalsium yang memadai  bisa memastikan kepadatan mineral tulang ibu sudah optimal. Sedangkan bagi bayi, perkembangan tulang, gigi, otot dan juga syarafnya akan terbantu. Tidak  hanya itu, kalsium juga sangat berperan dalam rangka kontraksi otot, pengaturan tekanan darah dan juga pembekuan darah.

  • Magnesium

Magnesium membantu ibu mengatur gula darah, mengatur tekanan darah, membantu fungsi  otot dan syaraf serta  memanfaatkan protein serta energi dengan  optimal. Bagi  bunda, konsumsi magnesium juga  membantu bunda menghindari kram  kaki yang kerap menyerang di masa trimester ketiga. Untuk memastikan jumlah magnesium mencukupi  maka bunda bisa mengkonsumsi  sayuran  berdaun hijau gelap, biji-bijian serta kacang-kacangan.

Asam lemak omega-3 pada  ikan baik untuk mendukung pertumbuhan otak pada bayi, mata serta syaraf pusat.

Kolin adalah zat yang sangat efektif dalam  mendukung perkembangan impuls syaraf, otak dan selaput sel bayi. Untuk  itu, bunda sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan  yang kaya akan  kolin seperti salmon, susu rendah lemak, kacang merah, ayam, hati sapi, kalkun, telur serta gandum.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bayi Sembelit

berat janin 7 bulan

Janin 7 bulan sebesar apa ?, kenali gerakan normal bayi di usia ini:

  • Minimal ada 10 gerakan dalam kurun waktu 12 jam
  • Bayi bergerak minimal 10 gerakan dalam waktu 2 jam saat bunda beristirahat dan menghitung dengan fokus hingga gerakan yang terkecil sekalipun
  • Ada minimal 4 gerakan selama 1 jam saat bunda beristirahat dan fokus untuk menghitung gerakan janin terkecil.
  • Minimal bayi bergerak 10 kali dalam 25 menit di usia kehamilan 22 sampai  dengan 36 minggu atau ada 10 gerakan minimal dalam 35 menit pada usia kehamilan di atas 37 minggu.

Gerakan janin sendiri bisa sangat aktif. Tingkat keaktifan ini sendiri sebenarnya banyak dipengaruhi oleh kondisi lingkungan sekitarnya. Sebagai contoh saat bunda makan maka janin akan bergerak karena bangun akibat adanya pergerakan usus. Pergerakan usus ini sendiri diakibatkan adanya  makanan yang memasuki bagian usus bunda. Faktanya, janin  memiliki siklus tidur seperti halnya manusia pada umumnya. Begitu tertidur maka janin tidak akan bergerak. Meski bergerak sekalipun maka gerakan yang dibuat

Nah, pada prinsipnya janin punya siklus tidur seperti manusia pada umumnya. Saat tengah tertidur, janin tidak bergerak dan jika bergerak pun gerakannya sangat minim sehingga jarang dirasakan oleh ibu. Gerakan janin saat tidur ini biasanya terdeteksi melalui pemeriksaan USG. Pergerakan bayi yang aktif di  jam-jam tertentu menandakan  jam-jam bangun bayi adalah pada jam tersebut.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *