Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

2 min read

cara menghilangkan cegukan pada bayi

Cara menghilangkan cegukan pada bayi merupakan pengetahuan dasar yang sebaiknya dimiliki oleh bunda. Meski secara umum cegukan dinilai tidak berbahaya namun sebaiknya cegukan tidak dibiarkan terjadi begitu saja. Cegukan sendiri umumnya terjadi pada bayi mulai dari masa kelahirannya sampai dengan usia 1 tahun. Bahkan bayi juga sudah mulai mengalami cegukan sejak di dalam kandungan bunda.

cara menghilangkan cegukan pada bayi

Penyebab cegukan sendiri adalah adanya gangguan pada otot yang membantu proses pernafasan. Otot ini disebut sebagai otot diafragma yang terletak di bagian bawah dari paru-paru. Kontraksi diafragma ini akan menghisap udara ke dalam paru-paru sehingga akan menutup epiglottis atau jaringan tenggorokan yang bertugas mencegah terhisapnya makanan ataupun minumam terhisap ke bagian paru-paru.

Penutupan secara tiba-tiba bagian epiglottis inilah yang kemudian menjadi penyebab terjadinya cegukan pada bayi. Bayi cenderung mengalami cegukan karena terlalu banyak makan, makan dengan terlalu cepat atau menelan terlalu banyak udara saat makan. Hal lain yang juga memicu terjadinya cegukan adalah adanya perubahan suhu di bagian perut bayi. Pada umumnya, cegukan tidak memberikan dampak yang fatal bayi kesehatan bayi.

Cara menghilangkan cegukan pada bayi ala rumahan:

  • Gendonglah bayi dalam posisi tegak selama sekitar 20 menit baru kemudian goyangkan badannya dengan perlahan sembari menggosok bagian dadanya dengan gerakan yang lembut
  • Jika bayi menyusu dengan botol maka sebaiknya bunda memiringkan botol susunya dengan sudut 45 derajat agar udara naik ke bagian bawah botol susu bayi. Kurangi porsi menyusu bayi namun dengan interval yang lebih sering.
  • Jika ingin menyusui atau memberi makan bayi sebaiknya bunda melakukannya sembari memangku bayi dalam posisi tegak. Posisi semacam ini akan sangat membantu untuk mencegah udara memasuki rongga perut yang seringkali memicu terjadinya cegukan.
  • Setelah selesai menyusui, sebaiknya bunda tetap memangku ataupun menggendong bayi dalam posisi tegak selama sekitar 20 menit untuk mengurangi tekanan di bagian diafragma. Hal ini juga efektif untuk membantu agar udara bisa naik ke atas perut bayi sehingga memudahkan bayi bersendawa.
  • Jika bayi sudah mampu untuk meminum air maka bunda bisa memberikan minum atau memberinya makan untuk mengembalikan fungsi kerja difragma. Hal ini dimungkinkan karena adanya proses menelan yang dilakukan oleh bayi.
  • Hindari mengagetkan atau menakuti bayi saat sedang mengalami cegukan. Mitos yang perlu dihindari untuk dilakukan lainnya adalah menarik lidah bayi ataupun menekan bagian dahinya karena justru bisa menyakiti bayi.
  • Jangan memberikan bantuan pernafasan pada bayi yang cegukan karena tidak akan membantu sama sekali.
  • Pastikan bayi dalam keadaan tenang saat menyusui ataupun memberinya makan. Ini berarti bahwa bunda sebaiknya tidak menunggu bayi sampai menangis baru memberinya susu ataupun makan. Menangis saat makan atau menyusu justru akan membuat bayi menelan udara secara bersamaan sehingga akan memicu terjadinya cegukan.
  • Begitu bayi selesai menyusu maka sebaiknya bunda menghindari mengayun-ayun bayi dengan gerakan memantul ke atas dan ke bawah ataupun bermain karena bisa memicu cegukan.

Baca juga : Cara Mengeluarkan Ingus Pada Bayi

Meski cegukan adalah suatu reaksi yang normal terjadi pada bayi namun bunda sebaiknya juga tidak membiarkan cegukan terjadi hingga berlarut-larut. Umumnya, cegukan hanya akan berlangsung selama sekitar 10 menit. Cegukan yang terjadi selama terus menerus bisa jadi merupakan gejala bayi mengalami gastroesophageal reflux. Kondisi ini adalah keadaan dimana adanya aliran balik dari asam lambung yang naik ke area kerongkongan.

Jika cegukan yang terjadi pada bayi juga diiringi dengan sakit perut, muntah setelah makan, sering  menangis, lebih sering berliur ataupun melengkungkan punggungnya selama atau setelah makan maka bayi bisa jadi mengalami reflux. Jika pertanda ini terjadi maka sebaiknya bunda segera membawa bayi ke rumah sakit guna mendapatkan penanganan yang lebih lanjut. Normalnya, intensitas cegukan pada bayi akan berkurang dengan sendirinya seiring dengan pertambahan usia bayi itu sendiri.

Cara menghilangkan cegukan sendiri bergantung pada masing-masing penyebab ataupun pemicu terjadinya cegukan. Jika yang menjadi pemicu cegukan pada bayi adalah reaksi alergi maka tentunya bunda perlu meminimalisir kontak bayi terhadap hal-hal yang memciu terjadinya alergi.

Alergi yang memicu cegukan biasanya dikarenakan bayi memiliki alergi terhadap suatu jenis protein tertentu yang terkandung dalam susu formula atau air susu ibu. Alergi inilah yang kemudian memicu terjadinya radang esophagus atau yang biasa disebut dengan eosinophilic esopgagitis. Selain itu, alergi yang menyebabkan cegukan juga bisa dipicu oleh adanya perubahan komposisi air susu ibu akibat jenis makanan tertentu yang dikonsumsi oleh ibu.

Cegukan sendiri adalah kondisi yang diakibatkan oleh adanya kontraksi secara tiba-tiba pada bagian otot diafragma yang membentang di bagian bawah tulang rusuk saat bernafas. Kontraksi inilah yang kemudian menimbulkan adanya hisapan udara secara tiba-tiba yang memasuki paru-paru melewati ruangan antara glottis atau pita suara sehingga biasanya akan menimbulkan timbulnya sura ‘hik’. Hal ini juga sekaligus menepis mitos yang selama ini berkembang di masyarakat bahwa cegukan adalah pertanda bahwa bayi akan tambah besar ataupun tambah tinggi.

Cegukan sendiri dikategorikan sebagai proses normal dan tidak membahayakan proses pernafasan ataupun kesehatan bayi secara keseluruhan. Secara spesifik, cegukan bertujuan untuk mengurangi jumlah udara yang terdapat di dalam perut karena setiap sentakan dan hentakan saat cegukan bisa mengurangi jumlah udara yang berada di area rongga perut. Secara umum, cegukan merupakan cara alami

Sebelumnya, Howes berpendapat bahwa cegukan adalah cara alami tubuh untuk lebih mempercepat turunnya makanan ke kerongkongan karena sering terjadi kasus makanan akan lebih mudah tertelan ketika cegukan, walaupun prosesnya sedikit tidak mengenakkan.

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *